Senin, 26 Oktober 2015

Firewall pada keamanan jaringan


1.       Firewall adalah Sistem Keamanan jaringan computer yang digunakan untuk melindungi computer dari beberapa jenis serangan dari computer luar.
2.       Konsep firewall pada Host


         

            Konsep Firewall Pada Server

                     

3.       Personal firewall didesain untuk melindungi computer terhubungkejaringandariakses yang tidakdikehendaki.Implementasinyadenganmenambahkanfiturpengamantambahansemacamperangkatproteksiterhadapvirus,antispyware,antispam,dan lain-lain.Bahkanbeberapaproduk firewall lainyadilengkapidenganfungsipendeteksiangangguankeamananjaringan (IDS).

4.       Network firewall didesain untuk melindungi jaringan secara keseluruhan dari berbagai serangan,Umumnya dijumpai dalam 2 bentuk yaitu sebuah perangkat terdedikasi/sebagai sebuah perangkat lunak yang di instalasikandalamsebuahserver.Implementasinyadenganmenggunakan Microsoft Internet Security and Acceleration Server (ISA Server),CicoPIX,CiscoAsa,IPTables,dll

5. Perangkat yang membangun Firewall yaituberupa software IPTables/IP Chains,yaiutusebuah program yang berisiaturan-aturan yang menentukantindakanapa yang akandilakukanterhadapsebuahpaket.

6. Filtering firewall adalah penyaring paket data dan memutuskan apakah data tersebut dapat diakses atau tidak .

7. Loglist server firewall yaitu mendata semua aliran data , data yang masuk pada level aplikasi di server .

8. Tata cara pengamanan peralatan jaringan :
                a. IDS (Intrusion Detection System)
                menguasai lalu lintas jarigan terhadap tindakan yang mencurigakan pada suatu host atau jaringan , dimana data dicek terlebih dahulu dan apakah data tersebut merupakan ancaman atau tidak .
                b. IPS (Intrution Protection System)
                mendeteksi dan melindungi sistem baik dalam maupun luar jaringan , dmana IPS akan memerintahkan firewall untuk segera memblokir koneksi yang berupa serangan sebelum masuk ke jaringan .
9. Prosedur dan cara pengujian keamanan fisik jaringan :
                Dengan memberikan keamanan seperti memilih power supply yang baik dan memory yang cukup maka kinerja hard ware dapat berjalan dengan lancar , jaringan terbebas dari kendala pada hardware  . Hal tersebut berpengaruh pada kelancaran kinerja jaringan pada komputer server maupun client .
10. Prosedur dan cara pengujian keamanan logic jaringan :
                Dengan perangkat yang digunakan seperti sistem operasi firewall , anti virus  dan software maintenance . Dengan software tersebut kita dapat melindungi komputer dari malware atau software yang bersifat merusak seperti virus , dan konflik port pada komputer kita .

0 komentar:

Poskan Komentar