Minggu, 21 Juli 2013

Mengenal Seluk Beluk Software Komputer



software 300x225 Mengenal seluk beluk software komputerSoftware komputer merupakan salah satu bagian selain hardware. Kita mengetahui bahwa software adalah bagian perangkat lunak sedangkan hardware adalah perangkat keras. Jika ingin diibaratkan, Anda mungkin bisa mendapatkan pengertian bahwa software atau perangkat lunak merupakan bagian yang tidak dapat dipegang dengan tangan dan terintegrasi ketika Anda menghidupkan serta melakukan berbagai pekerjaan menggunakan komputer. Lain halnya dengan hardware atau perangkat keras, ini adalah beberapa komponen yang dapat kita pegang dan lihat secara kasat mata.


Pembagian Software Komputer

Perlu Anda ketahui bahwa software komputer dibagi ke dalam dua sub yaitu sistem software serta software aplikasi. Sebuah program yang mengizinkan hardware dalam komputer Anda untuk berjalan sebagaimana mestinya dinamakan dengan sistem software. Sedangkan, software aplikasi adalah program yang memberikan izin kepada user untuk dapat melakukan sesuatu selain menjalankan hardware. Beberapa tipe software yang lain akan dijelaskan sebagai berikut.

Software games

Merupakan sebuah software yang memiliki sifat menghibur atau entertaintment. Beberapa jenis software games yang bisa Anda temukan adalah action, shooting, adventure, dan yang lumayan terkenal saat ini adalah roleplaying.

Software driver

Merupakan software yang terintegrasi kepada beberapa hardware khusus. Beberapa perangkat lunak jenis ini adalah perangkat lunak yang memberikan perintah kepada printer, scanner, flashdisk, atau video cards.

Software pendidikan

Sifat edukasi begitu ditekankan pada perangkat lunak jenis ini. Anda akan mendapatkan pemahaman seperti mengetik, menghitung, dan melakukan testing pelajaran. Salah satu contoh software edukasi adalah TOEFL.

Software media

Anda dapat menggunakan software jenis ini ketika ingin mengedit video, gambar, menjalankan music, atau menonton film.

Software produktivitas

Salah satu software yang paling terkenal dalam hal ini adalah Microsoft office. Sebuah software yang digunakan ketika kita ingin mengetik, melakukan perhitungan kompleks, membuat slide persentasi, hingga melakukan editing pada gambar.

Operating system

Adalah sebuah software induk dari komputer Anda. Beberapa software yang ada di dalam komputer memiliki ketergantungan langsung pada operating system. Artinya, apabila sebuah operating sistem tidak memiliki kompatibilitas secara langsung, maka software komputer yang ingin Anda jalankan tidak dapat berfungsi.

0 komentar:

Poskan Komentar