Minggu, 21 Juli 2013

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog



Thumbnail
1. Menjadi Publisher Iklan PPC (Pay-Per-Click)

Dengan menjadi publisher program-program PPC, Sobat harus menampilkan iklan dari penyedia layanan PPC tersebut di blog Sobat. Sobat akan mendapatkan komisi dengan nilai tertentu (biasanya paling kecil Rp. 300,-) jika ada pengunjung blog Sobat yang mengklik iklan tersebut. Semakin banyak yang klik iklan tersebut, semakin banyak uang yang bisa Sobat dapatkan. Tapi ingat jangan curang dengan mengklik sendiri iklan-iklan tersebut, karena bisa saja Sobat di banned oleh admin dari layanan PPC tersebut dan pastinya uang yang didapatkan dari kecurangan tidak akan berkah.

Beberapa PPC Lokal Paling Terpercaya
  1. KumpulBlogger
  2. AdsenseCamp
  3. KlikSaya
  4. PPCIndo
  5. SITTI
  6. IndoFad
  7. IdBlogNetwork

Beberapa PPC Asing Paling Terpercaya

  1. Google Adsense
  2. Chitika


2. Mengikuti Program Affiliasi

Sobat bisa mendulang uang dengan cara mengikuti program affiliasi dengan "menjual" produk atau layanan pihak ketiga kepada pengunjung blog atau situs Sobat. Jika ada pengunjung blog atau situs Sobat yang melakukan transaksi pembelian melalui link afiliasi dari blog atau situs Sobat, maka Sobat akan mendapatkan komisi dalam jumlah tertentu.

Beberapa Program Affiliasi Paling Terpercaya

  • Amazon Associates
Amazon Associates memberi kesempatan kepada Anda untuk menjadi affiliate dan mempromosikan produk dan layanan Amazon.com di blog atau situs Anda. Produk Amazon.com terentang mulai dari buku, games, e-book, furnitur hingga MP3.


  • Commission Junction


Commission Junction memberi kesempatan kepada Anda untuk memaksimalkan blog atau situs Anda dengan menjadi affiliate dan "menjual" produk-produk CJ di blog atau situs Anda. Dengan rentang produk yang sangat beragam, Anda bisa memilih sendiri produk yang ingin Anda promosikan.

  • LinkShare

LinkShare adalah salah satu program affiliate yang menggunakan teknologi non cookie-based, sehingga menghindarkan Anda dari resiko kerugian akibat kesalahan tracking cookies. Anda bisa menghubungkan link produk LinkShare dengan posting di blog Anda dan mendapatkan imbalan jika pengunjung membeli produk yang Anda promosikan.

  • Affiliate Fuel

Affiliate Fuel adalah salah satu jaringan affiliasi terbesar di dunia. Affiliate Fuel memberi kesempatan kepada Anda untuk memonetisasi blog atau situs Anda dengan "menjual" produk atau layanan pihak ketiga di blog atau situs Anda.

  • LinkConnector

LinkConnector merupakan salah satu jaringan affiliasi yang bisa Anda pertimbangkan untuk memonetisasi blog atau situs Anda. Pilihlah produk LinkConnector yang sesuai dengan tema blog atau situs Anda.

3. Mengikuti Program Paid Review

Program paid review adalah cara lain monetisasi blog. Seperti namanya, sebagai publisher program ini Sobat diminta untuk menulis review produk atau jasa tertentu (dalam bahasa Inggris) dan akan mendapatkan komisi atas review yang Sobat tulis di blog Sobat. Jika blog Sobat memiliki link ranking, Alexa, Technorati dan PR (Page Rank) yang cukup tinggi, bisa jadi Sobat akan mendapatkan komisi yang lebih besar untuk satu artikel review. Saat ini Sobat bisa mendaftar program paid review lokal pertama di Indonesia, ReviewMu.com.

4. Menjual Text Link Ads

Pilihan monetisasi blog yang lain adalah dengan menjual link di blog Sobat. Maksudnya, yang Sobat lakukan adalah menyediakan spot text link situs-situs yang ingin beriklan dan sekaligus mendapatkan link back dari blog Sobat. Semakin tinggi link ranking, Alexa, Technorati dan PR blog Sobat, semakin mahal harga link yang bisa Sobat tawarkan. Saat ini banyak program text link ads yang bisa Sobat ikuti. Beberapa diantaranya adalah Text-Link-Ads.com, TNX.net, LinkWorth.com dan TextLinkBrokers.com.

5. Menjual Spot Iklan Mandiri

Menjual spot iklan secara langsung kepada mereka yang tertarik memasang iklan di blog Sobat adalah pilihan lain monetisasi blog yang saat ini semakin populer. Meskipun cara seperti ini memerlukan strategi khusus (misalnya bagaimana cara mendapatkan pemasang iklan), namun jika niche blog Sobat cukup menarik dengan pengunjung yang cukup banyak, pendapatan iklan mandiri tidak bisa dibilang kecil. Saya sendiri mendapatkan hasil yang cukup lumayan dari menjual spot iklan mandiri di blog saya.

6. Menjual Jasa Keahlian Sobat

Jika Sobat memiliki keahlian tertentu (misalnya web design, web programming, logo design, copy writing, atau bahkan keahlian-keahlian lain seperti memasak, menulis, menerjemahkan), tidak ada salahnya mempromosikan keahlian Sobat melalui blog atau situs yang Sobat miliki. Selain sebagai ruang pribadi untuk menuangkan ide dan tulisan, blog Sobat juga bisa berperan sebagai sarana public relation yang cukup efektif untuk memperkenalkan keahlian Sobat.

7. Menjual Produk Sobat Sendiri

Saat ini menulis dan membuat e-book bukan lagi sesuatu yang sulit. Jika Sobat memiliki keahlian tertentu yang bisa Sobat jual, menuliskannya menjadi sebuah e-book dan mempromosikannya melalui blog Sobat adalah sebuah pilihan yang brilian. Selain produk digital berupa e-book, produk-produk fisik (misalnya CD, buku, kaos, cenderamata, kado/gift ulang tahun, bahkan kue ulang tahun) juga bisa Sobat promosikan dengan memanfaatkan blog Sobat. Jika saat ini Sobat telah memiliki bisnis offline, tidak ada salahnya mencoba menjangkau pasar yang lebih luas dengan promosi secara online melalui blog Sobat.


0 komentar:

Poskan Komentar