Minggu, 21 Juli 2013

Apa Itu Sistem Operasi Komputer?


Win7 Professional web 1 214x300 Apa itu sistem operasi komputer?Sebuah sistem operasi, atau “OS,” adalah perangkat lunak yang berkomunikasi dengan perangkat keras serta memungkinkan program lain untuk dijalankan di bawah komando OS itu sendiri. Program ini terdiri dari sistem perangkat lunak sistem, atau file yang memiliki kompatibilitas terhadap sistem operasi yang digunakan. Setiap komputer desktop, tablet, dan smartphone memiliki sistem operasi yang menyediakan fungsionalitas dasar untuk berbagai perangkat di dalamnya.

Sistem operasi yang ada di desktop secara umum termasuk Windows, Mac OS X, dan Linux. Meskipun setiap OS berbeda, mereka semua menyediakan antarmuka pengguna grafis, atau GUI, yang mencakup desktop dan kemampuan untuk mengelola file dan folder. Mereka juga memungkinkan Anda untuk menginstal dan menjalankan program yang ditulis khusus bagi sistem operasi tersebut. Sementara Windows dan Linux dapat diinstal pada hardware PC stAndar, Mac OS X hanya dapat dijalankan pada komputer Macintosh. Oleh karena itu, perangkat keras yang Anda pilih mempengaruhi sistem operasi yang akan dijalankan.

Sistem Operasi Komputer Mobile


Perangkat mobile, seperti tablet dan smartphone juga mencakup sistem operasi komputer yang menyediakan GUI dan dapat menjalankan berbagai aplikasi. OS mobile yang umum termasuk Android, ios, dan Windows Phone. Ini adalah OS yang dikembangkan secara khusus untuk perangkat portabel dan oleh karena itu dirancang dalam masukan touchscreen. Sementara, sistem operasi mobile tidak memiliki banyak fitur yang ditemukan di OS desktop, namun mereka sekarang memiliki kemampuan yang termasuk canggih. Sebagai contoh kemampuan untuk menjalankan aplikasi pihak ketiga dan menjalankan beberapa aplikasi sekaligus.

Karena sistem operasi berfungsi sebagai antarmuka pengguna dasar sebuah komputer, secara signifikan mempengaruhi bagaimana Anda berinteraksi dengan banyak perangkat. Oleh karena itu, banyak pengguna memilih untuk menggunakan sistem operasi tertentu. Sebagai contoh, seorang pengguna dapat memilih menggunakan komputer dengan Mac OS X bukan PC berbasis Windows. Pengguna lain juga mungkin lebih memilih smartphone berbasis Android, bukan iphone, yang menjalankan ios.

Ketika pengembang perangkat lunak menciptakan aplikasi, mereka harus menulis dan menyusunnya untuk sistem operasi tertentu. Oleh karena itu, ketika memilih komputer, penting untuk memastikan sistem operasi mendukung program yang ingin Anda jalankan.

0 komentar:

Poskan Komentar